Warung Bebas

Tuesday, March 20, 2012

Seni mengedit file .bashrc di linux dan modifikasi terminal anda

mau tampilan kyk gini ?

zee.console


Sebenarnya hanya membutuhkan sedikit pengetahuan tentang pemograman shell bash. ane coba jelaskan dikit ya… Step pertama untuk membuat huruf – huruf ascii yang bagus anda bisa menggunakan figlet ..sudah ada di repo backtrack atau ubuntu… ya tinggal lakukan perintah “apt-get install figlet” .  Kalau sudah kita tinggal memasukan sedikit modifikasi terhadap file  .bashrc File ini terdapat pada home directory anda , dan menjadi patokan dasar command ketika anda memasukin shell anda sebagai user biasa maupun sebagai root. Dilihat dari tanda titik di depan , maka file ini dalam mode invisible atau ter-hidden. Ok sekarang kita backup dulu ya filenya .
$cp .bashrc .bashrcbackup
Selesai backup kita edit-edit dengan menggunakan text editor kesayangan kita. Anda bisa menggunakan vi, vim , nano , gedit, dll.
$vim .bashrc
nah ane coba bagi-bagi setingan ane :p
Download disini ja
http://pastebin.com/download.php?i=UZXQTkuu
atau langsung mau liat di pastebin
http://pastebin.com/UZXQTkuu
ok perhatikan disitu
pada line 8
# Colors: berisi variable yang akan saya pasangkan dengan warna – warna pemograman bash
pada line 28
# Aliases: berisi tentang shortcut perintah .. akan saya jelaskan sedikit. Pada script bashrc saya tambahkan pada sub aliases
alias forum=' firefox http://forum.indonesianbacktrack.or.id &'
nah nanti kalau saya ngetik forum di konsole maka akan terbuka aplikasi firefox dengan link url langsung ke forum.indonesianbacktrack.or.id… heheh asik kan gk usah susah-susah atau panjang-panjang lagi. Anda dapat menambahkan link shortcut lainnya yang sering anda gunakan ketika memainkan linux anda.
Pada line 53
# function & script : kita dapat menaruh fungsi-fungsi dan script-script tertentu. misalnya saya buat sebuah fungsi dan saya beri nama susanmylove (). hmm fungsi itu saya isikan dengan fungsi if then. jadi itu sebagai akses code lagi .. ketika saya memasuki shell saya akan diminta code pengaman sederhana yang saya buat. Jadi 2 kali masukin password gitu ..hehe.. nah mksud saya disini supaya om bisa memasukan fungsi2 lain yang keren dan atas kreasi om sendiri.
Nah untuk ascii artnya perhatikan line 127
echo -e “${lightgreen}”;figlet “susan-my-love”
kita tinggal menggunakan figlet agar keluar “susan-my-lovenya hehehe .. kemudian apalagi ya.. oh iya klo kita ingin merubah nama root secara default, khususnya bagi pengguna backtrack yang menggunakan akses root sebagai default. ok cari shell prompt yang biasanya menggunakan variable $PS1. Nah pada deklarasi variabel tersebut coba cari kata-kata ini “\u@\h\” ganti \u dengan nama yang anda inginkan .. save terus reboot.. alhasil tampilan kata root pada prompt akan berubah..
gitu dulu deh semoga berguna tutorial saya hari ini .

sumber: zeestuff.wordpress.com/2011/11/26/seni-mengedit-file-bashrc-di-linux-dan-modifikasi-terminal-anda/

0 comments em “Seni mengedit file .bashrc di linux dan modifikasi terminal anda”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger