Warung Bebas

Saturday, February 25, 2012

Mengenal Beragam Istilah-Istilah Di Dalam Web Hosting



Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image
Dengan banyaknya provider web hosting, mudah sekali kita melakukan kesalahan dengan menganggap mereka semua sama saja.  Sebagian besar orang mungkin sudah mengenal web hosting, tetapi tidak sedikit juga yang belum mengetahui beberapa istilah yang terdapat didalam web hosting.
Keberhasilan website tentu saja tidak menjadikannya online, Performa juga merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan. Didalam artikel ini akan kami beritahukan beberapa kata-kata yang sering muncul saat anda berkunjung ke dalam web hosting itu sendiri.
  • Kapasitas Disk.
Ini adalah jumlah ruang yang tersedia untuk kapasitas website anda, file gambar, e-mail, e-mail atau file multimedia, dan resource lainnya yang dibutuhkan website anda dan untuk e-mail.
  • Bandwidth Transfer Data.
Ini adalah jumlah maksimum transfer data pada setiap account. Semakin banyak pengunjung yang anda miliki, semakin besar transfer data yang diperlukanuntuk memuat halaman web dengan cepat, dan menampilkan semua file yang terkait. Transfer data biasanya dalam satuan gigabytes (GB).yaitu miliaran bytes, dan diberikan bulanan.Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image
Sebagai contoh, jika pengunjung rata-rata melihat 3 halaman HTML yang masing-masing berukuran 20 KB (ribuan bytes)  dengan 8 gambar yang masing-masing 10 KB, dan mendapat 500 pengunjung per hari, maka anda membutuhkan setidaknya (3* 20 + 8 * 10 ) * 500 * 30 = 2.100.000 KB2,1 GB perbulan. Jika provider website membatasi transfer data setiap bulannya, maka setelah batas tersebut tercapai anda akan dikenakan biaya tambahan yang sering kali biayanya tidak murah.
  • CPU (Central Processing Unit Atau Processor).
Ini adalah “otak” dari server web hosting yang memproses permintaan transfer data dari file ke browser pengunjung anda.Shared hosting memiliki tenaga CPU yang sedikit, dan akan memproses halaman lebih lambat dari Virtual server.Virtual Server akan lebih lambat dari Dedicated server, yang bisa memiliki beberapa CPU.
  • Memory / RAM (Random Access Memory).
Memory adalah kemampuan web server untuk menyimpan dan mendukung pengaksesan data oleh pengguna. Disinilah system menyimpan aplikasi dari data yang sedang digunakan. Semakin tinggi memory semakin banyak program dijalankan pada saat yang sama, dan semakin banyak pengunjung yang ditangani.
  • Support.
Anda mungkin berpikir bahwa setiap provider web hosting menawarkan support gratis, tapi ada banyak provider yang mengenakan biaya tambahan untuk support, atau menawarkan support lewat e-mail yang gratis, sedangkan support lewat telepon dikenakan biaya. Provide web hosting yang bonafide akan memberikan support 24 x 7.Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image
  • Alamat IP.
Alamat Ip adalah numeric untuk mengidentifikasi perangkat atau jaringan pada internet. Alamat Ip statis atau dedicated pada situasi tertentu akan lebih menguntungkan.
  • SLA (Service Level Agreement).
SLA adalah jaminan ketersediaan, uptime, dan performa untuk website anda. Jaminan uptime memberikan kompensasi jika uptime layanan tidak memenuhi standar persentase waktu yang tersedia dalam jangka waktu tertentu (biasanya perbulan).
  • Shared Hosting.
Menggunakan satu server web hosting untuk website beberapa pelanggan, CPU, memory dan resource server website digunakan bersama oleh setiap website.Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image
  • Virtual Hosting.
Menggunakan satu server web hosting untuk website beberapa pelanggan. Tetapi dengan tekhnologi virtualisasi untuk membuat resource “pribadi” yang terpisah untuk masing-masing website.Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image
  • Dedicated Server.
Menggunakan satu server web hosting untuk website satu pelanggan. Cpu, memory, dan resource server lainnya hanya digunakan oleh pelanggan itu sendiri.Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image
Pilihlah provider web hosting yang menawarkan backup data sebagai bagian dari paket hosting.Tanyakan “ Sesering apa  backup dilakukan? “ , dan kalau bisa ada beberapa tingkat untuk meminimalisasi hilangnya data.
Semoga apa yang kami sampaikan bisa menjadi refrensi anda untuk memilih web hosting yang bisa diandalkan. Mengenal Beragam Istilah Istilah Di Dalam Web Hosting Image

0 comments em “Mengenal Beragam Istilah-Istilah Di Dalam Web Hosting”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger