Warung Bebas

Friday, August 3, 2012

10 Fakta Menarik Stadion Old Trafford


10 Fakta Menarik Stadion Old Trafford - Banyak orang yang sudah pasti mengenal Old Trafford (julukan The Theatre of Dreams diberikan oleh Sir Bobby Charlton), markas besar klub Manchester United. Tapi mungkin banyak yang belum tahu sejarah panjang stadion ini, serta fakta-fakta menariknya.

Old Trafford adalah salah satu stadion terindah dan termegah di inggris yang mempunyai banyak sejarah dan cerita. Di stadion ini para fans menyanyikan lagu ''Glory Glory Manchester United'' dan disinilah Manchester United mulai membangun mimpi hingga akhirnya sekarang banyak gelar yang telah diraih. berikut ini 10 Fakta Menarik Stadion Old Trafford

10. Pembangunan Old Trafford
Dibangun tahun 1909 dan menelan biaya sebesar 60.000 poundsterling. Old Trafford memiliki tiga teras di tiga sisi lengkap dengan tempat duduk dan atap. Stadion ini hasil rancangan desainer ternama asal Skotlandia, Ardhibald Leitch, yang juga merancang Stadion Hamden Park, Ibrox Stadium dan White Hart Lane. Old Trafford dibuka untuk umum tanggal 19 Februari.

9. Old Trafford Sempat Hancur
Pada tahun 1940, Old Trafford hancur dibom tentara Jerman dalam serangan Manchaster Blitz. Selama masa pembangunan, Manchester United terpaksa latihan dan bertanding di stadium milik tentangganya yaitu Manchester City.

8. Terowongan Munich Tunnel
Dalam Old Trafford terdapat terowongan Munich Tunnel. Terowongan ini dibangun untuk mengenang tragedi Munich 1958 dimana pesawat pembawa tim Setan Merah kecelakaan dan menewaskan 23 orang. 8 diantaranya pemain Manchester United.

7. Floodlight Pertama
Pada tahun 1957, manajemen Old Trafford memasang floodlight untuk pertama kalinya, supaya United bisa bertanding pada malam hari untuk pertandingan-pertandingan hari biasa. Jika Manchester United melakoni pertandingan malam hari di Old Trafford, rata-rata pemakaian listrik sebesar 5,5 Megawatt. Stadion ini memang megah dengan cahaya lampu yang begitu terang.

6. Makanan dan Karyawan
Dalam satu musim jumlah makanan ringan seperti hotdog dan cemilan lainnya yang dimakan sewaktu pertandingan Manchester United di Old Trafford bisa mencapai 2,5 ton atau sekitar 400,000 pesanan per item. Jumlah karyawan tetap stadion Old Trafford sekitar 400 orang, tapi pada hari pertandingan, jumlah tersebut membengkak dan naik menjadi lebih dari 2,500 karyawan.

5. Megastore Red Shop
Mereka yang ingin beli barang-barang Manchester United, tersedia Megastore, tempat yang menjual barang-barang resmi klub tersebut. Namun pada hari pertandingan, akan ada pedagang kaki lima yang berjualan di area sekitar stadion.

4.  Tempat Pelaksanaan Berbagai Event 
Stadion ini juga salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 1966 dan Euro 96, dan juga final Liga Champions 2003. Dengan terpilihnya London sebagai tuan rumah Olimpiade 2012, stadion ini akan digunakan untuk beberapa pertandingan penyisihan sepak bola pria dan wanita. Di samping sepak bola, Old Trafford telah menjadi tempat penyelenggaraan Grand Final Liga Super Eropa sejak sistem playoff diadopsi oleh liga rugbi tahun 1998. Juga, pada awalnya, lapangan ini juga digunakan untuk shinty, olahraga tradisional Skotlandia.

3. Stadion yang Sering Muncul di Film
Stadion Old Trafford merupakan stadion yang paling banyak muncul di film layar lebar. Film itu antara lain Hells Is A City (1960), Billy Liar (1963), and Charlie Bubbles (1968). Hayo, apa ada diantara Anda yang sudah pernah menonton film-film ini?

2. Tribun Bersejarah
Sisi bagian barat Old Trafford dikenal banyak orang sebagai The Legendary Stretford End. Karena pada waktu stadion belum memiliki tempat duduk, sisi barat ini selalu dipenuhi hampir 20,000 orang fans yang berdiri mendukung United dan mereka dikenal karena suaranya yang paling keras di Britania. Dulu pernah diukur tingkat kebisingan suara penonton melebihi pesawat Jumbo Jet yang lepas landas. Tahun 1964 United membangun bangku penonton bertingkat terbesar di Inggris saat itu, dengan 10,000 kursi dan 55 area boks khusus – area VIP pertama di antara stadion-stadion Eropa lainnya.

Sisi Timur, Selatan, dan Barat dari stadion Old Trafford terus diperbesar, sehingga pada tahun 1994, stadion Setan Merah memiliki 44,000 kursi penonton. Manajemen klub membangun sisi Utara, dikenal sebagai North Stand, memiliki 10 tingkat dan berkapasitas 25,000 kursi penonton. Sisi-sisi lainnya pun terus ditambah, sehingga mencapai 76,226 kursi penonton hingga tahun 2006.

1. Fasilitas Old Trafford
Old Trafford merupakan stadion pertama yang membangun pagar pengaman untuk mengantisipasi hooliganisme pada 1970-an. Ketika April sampai November, rumput Old Trafford dipotong tiga kali seminggu. Desember sampai Maret dipotong sekali seminggu dan di bawah lapangan terdapat instalasi pipa plastik 10 inci yang menyuplai air hangat untuk mencairkan salju yang jatuh ke rumput.

0 comments em “10 Fakta Menarik Stadion Old Trafford”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger