Warung Bebas

Saturday, August 4, 2012

6 Aplikasi yang Harus Kalian Coba di Ubuntu 12.04 LTS







Ubuntu kini sudah tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu distro Linux yang paling populer di dunia. Salah satunya adalah karena kemudahan pengoperasiannya dibanding distro-distro Linux yang lain. Tentunya aplikasi-aplikasi yang terdapat di Ubuntu itu sendiri lah yang berperan penting mengapa Ubuntu bisa diklaim menjadi distro yang sangat mudah pengoperasiannya.
Nah, pada postingan kali ini saya ingin membagikan 10 Aplikasi keren yang harus kalian coba di Ubuntu 12.04 LTS kalian. Mau tau apa saja? Baca terus yaa.

1. ZIM






ZIM adalah aplikasi cross-platform gratis yang berfungsi untuk memanajemen catatan, memanajemen daftar keperluan, serta membantu penulisan ide-ide kedalam bentuk presentasi atau mindmap.

ZIM juga dapat ditambahkan plugin-plugin menarik seperti :

Memasukkan Diagram
Memasukkan Linkmap (semacam Mindmap)
Pengkoreksi Pengejaan
Memasukkan Simbol-simbol
Memasukkan Screenshot
Quicknote, dll







Untuk menginstallnya, kalian ketikkan perintah ini di terminal :


sudo apt-get install zim

2. ProzGUI 













ProzGUI adalah aplikasi download manager seperti Internet DOwnload Manager yang ada di Windows. Namun ProzGUI saya rasa jauh lebih powerful dibandingkan IDM, karena prozGUI yang mudah dioptimalisasi, lebih rakus bandwidth, bebas untuk memecah file downloadan menjadi berapa saja, ringan, dan juga bisa pause dan resume download. Kalian harus mencoba aplikasi yang satu ini !





Cara install :


sudo apt-add-repository ppa:alza/project
sudo apt-get update
sudo apt-get install prozgui


3. Pinta Image Editor 









Jika kalian dulu sering menggunakan aplikasi Photoscape di Windows, dan merasa bahwa aplikasi GIMP terlalu sulit untuk digunakan, maka kalian harus mencoba aplikasi yang satu ini. Pinta adalah aplikasi pengedit gambar yang pengoperasiannya sangat mudah dan powerfull.

Untuk menginstallnya :

sudo apt-get install pinta

4. K3b 








K3b adalah aplikasi burning yang kaya akan fitur yang merupakan aplikasi burning bawaan di distro yang berbasis KDE. Jujur, menurut saya K3b ini lebih powerfull dibandingkan brasero yang ada di Ubuntu.

Untuk menginstallnya di Ubuntu ketik ini :

 sudo apt-get install k3b

 5. Pencil 







Pencil adalah aplikasi yang cukup menarik yang fungsinya untuk membantu menggambar karakter-karakter kartun. Fokus dari aplikasi ini adalah kesimpelannya, akan tetapi fitur-fiturnya tidak kalah canggih kok dengan aplikasi-aplikasi lain.

Install Pencil di Ubuntu :

sudo apt-get install pencil

6. Mount Manager







Mount Manager adalah aplikasi manajemen partisi/Disk semacam Disk Utility/Gparted. Namun yang ini saya rasa lebih canggih, karena dapat me-mount dan unmount, mengedit settingan mount point, bahkan mengedit file konfigurasi /etc/fstab dengan sangat mudah. Tertarik?

Install di Ubuntu :

sudo apt-get install mountmanager





#Selamat Mencoba


0 comments em “6 Aplikasi yang Harus Kalian Coba di Ubuntu 12.04 LTS”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger