Warung Bebas

Saturday, August 4, 2012

Wah! 'Bapak' Linux Acungkan Jari Tengah untuk Nvidia





Finlandia - Linus Torvalds terlihat sangat kesal terhadap Nvidia. Bahkan dalam sebuah kesempatan, penemu sistem operasi Linux itu mengacungkan jari tengahnya untuk Nvidia. Apa alasannya?

Nama Torvalds memang sudah sangat dikenal di dunia open source. Namun tidak semua mengetahui jika ia ternyata sangat membenci Nvidia. Hal ini mulai terungkap saat ia menjadi pembicara forum untuk sebuah acara entrepreneur, di Otaniemi, Finlandia.

Salah satu peserta wanita mengangkat tangannya dan bertanya kepada Torvalds soal sulitnya membuat Linux berjalan sempurna di laptopnya yang menggunakan chip Nvidia Optimus. Padahal Nvidia merupakan penyumbang kartu grafis terbesar di ranah komputer.

"Saya sempat berharap bahwa Nvidia akan melakukan sesuatu, namun ternyata mereka tidak memberikan dukungan sama sekali (terhadap Linux-red.)," kata Torvalds, menanggapi pertanyaan peserta.

Torvalds yang memandang Nvidia ikut ambil keuntungan dari open source (Android) pun merasa kecewa, dan sudah sepantasnya jika raksasa micro chip itu menggelontorkan dukungan untuk Linux seperti yang sudah dilakukan di Windows dan Mac OS.

"So, Nvidia f*** you," tegas Torvalds, sembari mengacungkan jari tengahnya di depan kamera. Seperti dikutip detikINET dari cnet, Senin (18/6/2012).

Namun tak cuma Nvidia, Torvalds juga merasa perusahaan lain tidak melakukan dukungan yang cukup untuk Linux. Namun ia tak menyebutkan secara pasti perusahaan mana saja yang ia maksud.

Nvidia memang sudah menyediakan driver khusus Linux di situs utamanya, namun hal itu tetap tidak menyelesaikan isu seputar kompatibilitas komponen yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Tak seperti rivalnya AMD, Nvidia terlihat enggan merilis driver yang bersifat open source karena dianggap dapat membocorkan informasi penting di dalam produknya.

Berikut adalah sikap tegas Torvalds yang dapat dilihat pada menit ke 49:59



























0 comments em “Wah! 'Bapak' Linux Acungkan Jari Tengah untuk Nvidia”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger