Warung Bebas

Thursday, June 21, 2012

Cara Mudah Membuat Laptop Menjadi Hotspot Tanpa Software




Hari ini saya akan memposting tentang Cara Mudah Membuat Laptop Menjadi Hotspot Tanpa Software. Bagi kalian yang suka gretongan alias gratisan, cara ini mungkin bisa jadi solusi. Yups, tanpa biaya... cukup  dengan menghubungkan laptop windows 7 kita ke koneksi LAN (kabel UTP) dan bisa kita sulap menjadi hotspot untuk menghubungkan handphone/smartphone kesayangan kita ke internet melalui laptop.  Caranya cukup mudah, hanya 3 langkah saja... yang perlu kita lakukan ialah mengunjungi satu situs web, mengisi formulir, klik tombol dan lakukan langkah konfigurasi sederhana ICS (Internet Connection Sharing). Kita tidak perlu menginstall software apapun untuk ini.

Pertama sobat perlu memastikan bahwa persyaratan berikut terpenuhi :
Laptop/Komputer mendapatkan koneksi internet dari LAN
Laptop/Komputer memiliki adaptor nirkabel (Wi-Fi)
Laptop/Komputer dengan Operating System Windows 7
Laptop/Komputer telah terinstal Java
1. Ikuti langkah berikut ini untuk mengubah laptop sobat menjadi router akses wifi atau hotspot.
Buka laman http://www.virtualaccesspoint.com di web browser kesayangan sobat dan klik tombol “Run” jika ditanya untuk menjalankan aplikasi, masukkan SSID dan kunci Password dengan minimum 8 karakter, klik tombol “Turn On Soft AP“



2. Sobat akan diminta oleh UAC untuk menjalankan file turnonvp.bat. Klik tombol Yes. Sebuah jendela command prompt akan muncul secara otomatis menjalankan beberapa perintah. Setelah selesai, sobat dapat menekan tombol apa saja untuk menutup jendela cmd.
Sebuah Wireless Network Connection 2 tambahan menggunakan Microsoft Virtual Wi-Fi Adapter Miniport akan otomatis dibuat didalam Network Connections. Jalur akses yang telah sobat buat sekarang terlihat dan dapat dihubungkan dengan memasukkan password yang benar. Namun satu langkah lagi diperlukan agar perangkat yang terhubung untuk dapat menggunakan koneksi internet.



3. Klik Control Panel > Network and Sharing Center > Ubah pengaturan adaptop Jaringan. Klik kanan pada Local Area Connection dan pilih Properties. Pergi ke tab Sharing dan centang “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”. Kemudian pada menu Drop-Down “Select a private network connection”, pilih “Wireless Network Connection 2″ dan klik tombol OK untuk menutup jendela Connection Local Area Properties.

Sobat sekarang dapat menggunakan handphone/smartphone atau perangkat yang memiliki konektivitas Wi-Fi untuk terhubung ke SSID (router) yang telah sobat buat dari laptop/komputer tadi. Untuk menghapus Wireless Network Connection 2 dari Network Connections, pergi ke Control Panel > System > Device Manager > Perluas Adapter Jaringan > klik kanan pada Microsoft Virtual Wi-Fi Adapter dan Miniport kemudian pilih Uninstall. Cara ini mudah dilakukan dan kita tidak perlu untuk menginstall software apapun ke laptop/komputer kita.

0 comments em “Cara Mudah Membuat Laptop Menjadi Hotspot Tanpa Software”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger