Warung Bebas

Thursday, July 19, 2012

Hikmah Manfaat Puasa Ramadhan

Hikmah Manfaat Puasa Ramadhan – Tak terasa bulan Ramadhan 1433 H tinggal beberapa hari akan kita jelang. Banyak sekali hikmah atau pun manfaat yang bisa kita dapatkan dari berpuasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, baik untuk jasmani (kesehatan) maupun rohani kita. Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa seperti makan, minum, berhubungan badan dan perbuatan lainnya. Dan yang juga tak kalah pentingnya adalah di bulan puasa Ramadhan terdapat 1 malam dimana lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qodar. Malam yang sangat dinantikan umat muslim karena apabila kita melakukan ibadah atau amal kebaikan di malam tersebut maka pahalanya lebih baik daripada kita melakukan ibadah/amal tersebut selama seribu bulan.  
Hikmah Puasa Ramadhan
1. Meningkatkan ketaqwaan
Sebagaimana firman Allah dalam Alquran, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 183).
2. Meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah
Wahai orang-orang kaya, bersedekahlah kepada orang-orang fakir pada bulan Ramadhan mulia ini, memberilah seperti pemberian orang yang tidak takut miskin. Berdermalah dengan harta dan kebaikan kepada saudara-saudaramu yang membutuhkan, jadilah orang yang mensyukuri nikmat Allah. Rasulullah SAW telah bersabda: “Allah sungguh ridha pada hamba yang memakan makanan lalu memuji-Nya atas makan itu atau meminum minuman lalu memuji-Nya atas minuman itu” (HR. Muslim).
3. Orang yang berpuasa menyibukkan hatinya dengan pikir dan zikir.
Karena bila menuruti hawa nafsunya maka akan membuatnya lalai bahkan mengeraskan hati. Karena itu Rasulullah SAW mengarahkan untuk meringankan makan dan minum. Sabda Rasulullah : "Tidak ada wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam itu suapan yang dapat menegakkan punggunya, jika dia tidak mampu, maka 1/3 untuk makanannya, 1/3 untuk minumnya dan 1/3 untuk nafasnya" (HR. Ibnu Majah).
Manfaat Puasa Ramadhan
1. Puasa merupakan terapi detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh.
Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.
2. Memperbaiki fungsi hormon dan meningkatkan fungsi organ tubuh.
3. Mendorong pergantian sel-sel tubuh yang rusak (peremajaan).
Demikian Hikmah Manfaat Puasa Ramadhan yang bisa kita dapatkan dari menjalankan ibadah puasa. Selamat puasa ramadhan 1433 H, mohon maaf lahir dan bathin

0 comments em “Hikmah Manfaat Puasa Ramadhan”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger