Warung Bebas

Friday, July 27, 2012

Membersihkan File Sampah di Ubuntu secara Manual

clean



Pernahkah kamu merasakan proses yang sangat lambat pada Linux Ubuntu kamu setelah saat update ? atau, pernahkah kamu merasa kekurangan space harddsik ?

Mungkin pertanyaan diatas, kamu pernah mengalaminya. Lalu apa hubungannya dengan judul diatas ? Nah, pada saat kamu mengupdate Linux Ubuntu kamu, linux kamu akan menginstall paket-paket dengan versi terbaru atau terupdate. Sedangkan paket-paket yang lama masih tersimpan di dalam sistem anda. proses ini lah yang bikin lambat. serta space harddisk yang terbuang.

Jadi, kali ini saya akan memberikan tutorial Membersihkan File Sampah di Ubuntu secara Manual. Sebelumnya saya juga pernah memberi tutorial membersihkan file sampah dengan Bleachbit DISINI .


Nah, cara yang akan dibahas kali ini hanya menggunakan Terminal. Cukup mengetikan perintah di bawah ini di Terminal. Maka Linux ubuntu anda akan terasa lebih ringan dari sebelumnya.


1. sudo apt-get clean 
2. sudo apt-get autoclean 
3. sudo apt-get autoremove

PENJELASAN :

sudo apt-get autoremove 
Berfungsi untuk menghapus paket yang terinstall otomatis untuk memenuhi dependencies beberapa paket yang tidak lagi di inginkan.
sudo apt-get clean
menghapus semua kecuali file paket yang di install pada direktori /var/cache/apt/archives dan atau / var/cache/apt/archives/partial.
sudo apt-get autoclean
Memiliki fungsi yang mirip dengan apt-get clean.

Oke, gitu aja ya.

0 comments em “Membersihkan File Sampah di Ubuntu secara Manual”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger