Warung Bebas

Saturday, July 28, 2012

manfaat buah alpukat

Salah satu buah yang populer untuk dibuat juice adalah alpukat. Siapa yang akan nolak juice alpukat dengan susu cokelat dan es? Wow.. nikmat!! Sebenarnya enggak cuma nikmat di lidah, alpukat juga nyaman buat kesehatan. Banyak penyakit loh yang bisa diobati dengan buah berlemak ini. Apa saja ya? Yuk..kita simak!

Nama latin alpukat adalah Persea Gratissima Gaertn. Asal pohon alpukat adalah dari Amerika tengah, disana, pohon alpukat ini tumbuh liar di hutan-hutan. Kalau sekarang ini mau ditanam di pekarangan rumah pun bisa, asal tanahnya gembur, subur dan tidak tergenang air. Pohonnya kecil, tinggi 3-10 m, berakar tunggang, batang berkayu, bulat, warnanya cokelat kotor, banyak bercabang.

Bentuk buahnya bola atau bulat telur, panjang 5-20 cm, warnanya hijau atau hijau kekuningan, berbintik-bintik ungu atau ungu saran sekali berbiji satu, daging buah jika sudah masak lunak, warnanya hijau, kekuningan.

Hebatnya, enggak cuma daging buahnya saja yang dijadikan obat. Daun dan biji alpukat pun bermanfaat. Daging buah bisa untuk mengobati sariawan serta melembabkan kulit kering. Daunnya merupakan obat untuk kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, pembengkakan saluran nafas, dan menstruasi yang enggak teratur. Sedangkan bijinya bisa untuk sakit gigi dan kencing manis.

Ini karena daun alpukat punya aktifitas antibakteri dan menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus strain A dan B. Staphylococcus albus, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichea coli, dan Bacillus subtilis. Sedangkan bijinya merupakan anti radang. Tentang kandungannya, buah dan daunnya mengandung saponin, alkaloida dan flavonoida. Buah juga mengandung tannin dan daun mengandung polifenol, dan qursetin.

Lebih lengkapnya, sebagai berikut:

Sariawan: Sebuah isi alpokat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
Kencing batu: 4 lembar daun alpokat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x ¾ gelas.
Darah tinggi: 3 lembar daun alpokat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.
Kulit muka kering: Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan masker alpokat tersebut mengering
Sakit gigi berlubang: lubang pada gigi dimasukkan bubuk biji alpukat.
Bengkak karena peradangan: bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.
Kencing manis: biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian digodok dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum setelah dingin.
Sakit kepala, nyeri lambung, bengkak saluran nafas, nyeri syaraf, menstruasi tidak teratur: Minumlah teh dicampur dengan alpukat.

0 comments em “manfaat buah alpukat”

Post a Comment

 

Indahnya Berbagi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger